Hati hati menjaga yang di hatimu.. 

Suatu ketidaksengajaan, ketika sedang mengendarai mobil dan asyik membahas sesuatu dengan istri, lalu tidak menyimak bahwa mobil di depan berhenti mendadak.. 

Alhamdulillah Allah masih menyelamatkan kami dan tunggangan kami, entah berkat doa yang dilantunkan anak kami sebelum memulai perjalanan, entah karena memang Allah masih memberi kesempatan kami hidup di bumi.. 

Yang pasti, jagalah kesayangan kesayangan hatimu dengan hati hati..

Advertisements
Posted in artikel islami... | Leave a comment

Perjalanan ke kendari

Akhirnya setelah 6 bulan, kembali menjadi seorang mining engineer lagi.. Sangat recharge apalagi perjalanan kali ini bersama mining geologist expert, mr. Ade kadarusman, orang paling pintar di indonesia untuk urusan nikel laterit.. 

Dengkul kepake lagi, untungnya udah biasa jalan pulang pergi dari stasiun gondangdia ke kantor, jadi cukuplah buat tampil prima saat di lapangan.. 

Alhamdulillah, perjalanan kali ini banyak hikmah. Semoga berkah.. Aamiin

Posted in artikel islami... | Leave a comment

Menjaga amarah

Islam itu sabar dan syukur.. 

Entah kenapa dua hal tersebut amatlah sukar untuk dijalankan, disebutkan sih mudah. Apalagi kalau sedang menasehati. 

Jadi, kemarin saat pulang dari kantor menggunakan krl, saya menaiki sebuah kereta menuju bogor yang hanya mengangkut 8 gerbong, padahal itu jam pulang kantor. Mau tidak mau, samgat sesak penuhlah kereta tersebut. 

Kemudian setelah beberapa stasiun, saya  bertemu dengan seorang bapak, yang mendorong saya yg sedang tidak menahan diri dari kejatuhan alias sedang tidak memegang apapun, terdorong lah saya..

Oke, sabar nih.. 

Kemudian dengan ringannya bapak tersebut berkata, “pantesan, maen hape seenaknya sendiri sih, jadi aja gak bener”. Sontak ilmu tentang sabar pun meluap, saya ambil posisi di belakang bapak tersebut dan mendorongnya dengan sikut saya,saya tau itu pasti sakit. 

Mungkin menjaga gengsi atau takut melihat postur tubuh saya yg besar, bapak itu pura pira menahan dorongan saya tersebut,tapi materi ttg sabar belum sampai juga di akal sehat saya. 

Pada akhirnya sang bapak menyerah dan berkata, “tukeran deh mas, sakit saya didorong”.. Oke, masih belum sampai juga kesadaran saya untuk mengenali materi sabar, lalu saya pun meluapkan amarah saya “gak enak kan didorong pak? Apalagi sambil di nyinyirin”..

Mungkin bapak tersebut merasa harus membela diri bersamaan dengan perasaan takutnya, dia menjawab dengan terbata “kan mas yang dorong saya”. Namun dengan semangat menghindari perdebatan, bercampur emosi dan superioritas serta akal sehat yang belum dapat menyelaraskan materi sabar, saya jawab “gak usah banyak omong lu, gw hajar juga nih”. 

Dan bapak tersebut diam..

Perustiwa tersebut saya adukan pada istri saya yang senang bertanya kabar hari ini ketika pulang kantor, dan dia bergidik, serta suruh saya istighfar, siapa tau bapak tersebut merasa terzhalimi dan mendoakan keburukan untuk saya.. 

Akhir cerita, saya menyimpulkan bahwa sabar, itu hal yg sangat mahal, apalagi ditengah tempaan kehidupan ibukota, kita harus banyak mengingat mati.. 

Dan saya berdoa, semoga senantiasa diiringi dengan kesabaran dalam menjalani hidup, meski sulit.. 

Posted in artikel islami... | Leave a comment

Pemandangan yang akan dirindukan.. 

Ini adalah pemandangan dari tempat sepatu mesjid kementerian bumn.. 6 bulan yang lalu saat saya ditempatkan pertama kali disini, lama saya menatap pemandangan yang sama dengan foto ini, dan bersyukur bahwa mesjid ini “ramai” dan sangat bagus sekali.. 

Akhirnya setelah 6 bulan, saya akan segera kembali ke kantor asal saya, antam, saya menatap hal yang sama dengan waktu yang lama juga.. 

Semoga Apa yang saya telah dapatkan selama ini menjadi bekal dalam kesuksesan saya kedepannya.. Aamiin

.

Posted in artikel islami... | Leave a comment

Meja dan kursi sebagai bahagia yang sederhana.. 

Terlintas di pikiran, jika anak sudah besar apakah harus diberi ini atau itu, di arahkan untuk ini atau itu, di suruh ini atau itu dijodohkan dengan si ini atau si itu.. 

Banyak sekali hal yang berkecamuk untuk urusan ini, urusan kebahagiaan anak masa depan nanti, padahal orang yang paling pintar, kata Rasulullah adalah yang paling baik dalam mengingat kematian.. 

Akhirnya mencoba untuk merubah sedikit mindset agar bisa mendefinisikan, bahwa bahagia itu, adalah hari ini.. Adalah apa yg kita nikmati dan kita lihat saat ini, tentunya tanpa mengabaikan kebahagiaan masa depan yabg harus kita rancang sebaik baiknya melalui ikhtiar kehidupan.. 

Tiga hari yang lalu, saat pulang dari halal bihalal perantau fim sumbar, azzam sangat senang sekali duduk di kursi kak rania (anak uni ola, sang tuang rumah).. Sampai sampai azzam enggan untuk pulang, meskipun akhirnya saya menjanjikan untuk membelikan sebuah kursi kecil plastik untuk azzam.. 

Esoknya tunai janji saya, saat pulang kantor, saya hadiahkan anak laki satu satunya tersebut dengan sebuah kursi plastik.. Tidak mahal memang, hanya 40rb saja.. Namun ibunya berpesan agar biar lengkap sekalian sama mejanya..

Akhirnya keesokan harinya tunai juga janji saya membelikan meja kayu seharga 110rb.. Dan akumulasi harga keduanya sama dengan sekali makan di mall GI, tidak mahal memang.. 

Namun, pemandangan yang sungguh mengharukam, istri saya membangunkan azzam jam 4 subuh, dengan berkata, ayah beliin meja buat warna warna, kebetulan anak saya sangat addict saat ini dengan aktivitas menggambar menggunakan crauon, hingga saya membawakan buku ber rim rim untuk digunakan anak saya menumpahkan kreativitasnya.. 

Dengan segera azzam bangun dan menikmati aktivitas menggambarnya sambil disuapi ibunya dengan lahap.. Dan saat saya keluar kamar, dia mengatakan, makasih ayah, meja, kursi sambil terus gambar dan makan lahap.. 

YaAllah bahagia banget hal sederhana gitu bikin anak dan istri kita memberikan respon kebahagiaan yang luar biasa.. 

Alhamdulillah.. 

Posted in artikel islami... | Leave a comment

Keluarga perantau fim sumbar

Entah kenapa doktrinisasi dari almarhum ayah pada anak2nya sukses berat.. Kebanggaan dan kecintaan pada ranah minang membuat cita cita akhir hidup saya adalah menghabiskan waktu tua di sumbar..

Terlebih sudah tiba penghujung bulan ramadhan, rasanya tidak sabar sekali pulang kampung ke ranah minang, meskipun belakangan sumatera barat macetnya udah kelewatan dan bikin kita ingin pulang kampung saat bukan  hari lebaran..

Kembali pada judul, kecintaan terhadap sumbar menjadikan saya nyaman bergaul dengan orang orang sumbar, terlebih anak anak fim yg notabene nya anak hebat. Udah hebat, anak fim, dari sumbar pula, satu bahasa..

Maka dari itu, meskipun pada pagi harinya ada acara penting, namun saya memaksakan diri untuk hadir..

Meskipun istri bilang gamau ikut, tapi saya berhasil memaksanya untuk gabung dan bercengkerama bersama orang2 perantau dari sumbar ini..

Sudah terancang beberapa program yg akan mempertemukan kami sebukan sekali.. Semoga istiqamah dan membawa manfaat banyak..

Aamiin..

IMG20170716172809.jpgIMG-20170717-WA0056.jpg

Posted in artikel islami... | Leave a comment

Silaturahim ke calon keluarga

Bismillahirahmanirahim..

Semoga Allah mudahkan semua prosesnya dan jaga prosesnya dalam keadaan yang syar’i.. Dan semoga Allah tunjukkan jalan kebaikan bagi hambaNya yang senantiasa mencari ridho Allah..

Dan semoga abang saya diperkenankan oleh Allah melepas masa lajangnya sebelum adek saya nikah..

Alhamdulillah calon keluarga pihak perempuan paham dan dekat dengan islam, semoga juga menjadi jalan hidayah bagi abang supaya senantiasa menjadi pribadi berakhlak yang baik.. InsyaAllah.. IMG20170716100914

Posted in artikel islami... | Leave a comment